Saturday, January 29, 2005

Kokok Setia Gereja Ayam

Oleh Martha Ringo

ANGKUTAN kota M-12 jurusan Senen-Kota yang saya tumpangi sedang terjebak macet di Jalan Samanhudi, Jakarta Pusat, saat celoteh-celoteh ini mengganggu lamunan. "Kenapa diberi nama Jalan Gereja Ayam, ya?" "Ooo, di sebelahnya kan, ada gereja yang ada patung ayamnya." "Kenapa ayam?" "Mungkin dulu ada peternakan ayam di sini. Atau karena di sekitar daerah ini banyak ‘ayam’-nya?" ungkap yang lain sambil menunjuk beberapa tempat hiburan yang tak jauh dari bangunan tua peninggalan Belanda itu. "Ah, kamu ada-ada saja," teman lain menimpali.
Penasaran. Saya mendongakkan kepala ke atas bangunan yang dimaksud. Tampak seekor ayam jago bertengger di puncak menara gereja. Sendirian. Dahi saya mengernyit. Ayam? Apa tidak salah?
Bangunan yang terletak di Jalan Samanhudi Nomor 12 ini pertama kali dibangun pada 1850. Saat itu masih berupa kapel atau gereja kecil. Lalu pada 1915, barulah bangunan yang tak jauh dari Pasar Baru ini dipugar menjadi gedung gereja yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 1.500 orang. Arsitek Cuypers dan Hulswit merancang bangunan ini dalam perpaduan gaya Italia dan Portugis.
Interior bangunan kuno ini terbilang awet. Kursi, mimbar, dan perabotan lain yang terbuat dari kayu jati masih asli peninggalam zaman Belanda. Gedung gereja ini bahkan menyimpan sebuah Alkitab kuno cetakan 1855. Kitab ini hanya satu-satunya di Indonesia. Ada satu lagi kembarannya, itu pun tersimpan di Negerinya Ratu Julianan sono.
Selain tua, Alkitab ini terbilang unik lantaran ukurannya besar. Relief di Kitab Suci ini juga menawan. Usia yang sepuh membuat lembaran dan jilid Kitab ini sedikit rusak. Karenanya, buku ini sempat diboyong ke Belanda selama setahun untuk diperbaiki. Hingga kini, Alkitab ini tetap lestari.
Menilik sejarahnya, bangunan ini sempat direnovasi beberapa kali. Entah karena kerusakan akibat materialnya yang sudah lapuk atau lantaran tak memadai lagi melayani para jemaat. "Yang pasti perbaikannya hanya tambal sulam saja. Tidak mengubah bentuk asli," kata Gembala Sidang Gereja Ayam James Manahanti.
Pernah pula gereja yang semula dikenal dengan Gereja Baru ini diperbaiki gara-gara diserang massa pada peristiwa kerusuhan 1998. Secuil kisah mukjizat muncul dalam kejadian kelabu ini. Waktu itu, kata James, ratusan orang berusaha menerobos pagar untuk menyerang bangunan. Namun usaha tersebut gagal, padahal, gereja sedang tidak diamankan oleh siapapun. "Kami percaya ini adalah berkat Tuhan," ungkap dia.
Sebenarnya, bangunan ibadah ini mempunyai nama lengkap Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Pniel. Namun karena nama “ayam” sudah melekat sejak lama, orang lebih sering menyebutnya Gereja Ayam. Di zaman Batavia dulu, mulai dari ambtner gubernermen sampai kusir sado menyebutnya Haantjes Kerk.
Nama “ayam”, jelas James, sesuai sejarah, dipilih karena mengingatkan pada peristiwa penyangkalan Petrus terhadap Kristus. Injil mencatat ayam langsung berkokok tiga kali sesaat setelah Petrus membantah identitasnya sebagai murid Yesus.
"Maka diharapkan, setiap melihat lambang ini orang Kristen diingatkan agar setia pada Kristus," tutur James. Pejabat Gereja Ayam yang bergabung sejak dua tahun silam ini menambahkan ayam juga dianggap melambangkan kehidupan. Hewan jenis unggas inilah yang setiap pagi membangunkan segala makhluk dari tidur.
Gereja Ayam tak sekadar aset budaya. Tempat ibadah yang beranggotakan sekitar 2.000-an jiwa ini juga menjadi garam bagi masyarakat sekitar. Para hamba Tuhan di sana tak menutup mata bahwa kehadiran beberapa tempat hiburan di sekitar daerah ini menimbulkan efek tersendiri, seperti prostitusi, perjudian, dan obat-obatan terlarang.
Untuk itu, para pelayan Gereja Ayam berusaha bergaul dengan penduduk yang terlibat kegiatan-kegiatan itu. Salah satu caranya adalah dengan pendekatan ke rumah-rumah. Pelayan Gereja Ayam mendata umat Nasrani setempat dan melayani mereka dengan siraman rohani.
"Kami di sini merangkul umat. Beberapa orang yang dianggap sampah masyarakat pun, saya ketahui berjemaat di sini. Kami membangkitkan iman dan merangkul dengan kasih. Sesuai falsafah ayam yang membangunkan kehidupan di pagi hari," ucap James.
Melihat segala keunikan tersebut, pantaslah kalau Gereja Ayam dikategorikan aset budaya yang berharga. Ia sejajar dengan bangunan-bangunan tua lain yang beberapa masih bertebaran di kawasan Pasar Baru, seperti Masjid Lautze yang dibangun komunitas muslim Cina dan Vihara Tri Ratna yang dibangun sekitar pertengahan Abad XIX. Sejumlah wisatawan mancanegara, terutama dari Belanda, terhitung kerap bertandang ke sana.
Namun, James menyayangkan ketiadaan perhatian pemerintah pada gereja yang berdiri di lahan seluas 2.500 hektare ini. "Bangunan tua seperti ini kan butuh biaya pemeliharaan yang tidak kecil. Saya harap pemerintah daerah menyadari nilai sejarah yang terkandung di dalamnya," James berharap.
Menurut hamba Tuhan asal Sanger, Sulawesi Utara, itu saat ini pihak gereja tengah mengupayakan hal tersebut, antara lain dengan cara mengumpulkan informasi seputar sejarah dan nilai Gereja Ayam. Pemerintah diharapkan memasukkannya ke dalam ketegori cagar budaya sehingga pemerintah bisa membantu dalam hal biaya.
"Kalau hanya mengandalkan uang gereja dan jemaat, tidak cukup," James menegaskan. Ya, semoga pemerintah peduli, agar kokok Gereja Ayam tetap bergaung.

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Sedikit ralat boleh ? Mungkin yang dimaksud adalah ""Injil mencatat Petrus membantah identitasnya sebagai murid Yesus sampai 3 kali sebelum ayam berkokok."

jadi bukan :
"Injil mencatat ayam langsung berkokok tiga kali sesaat setelah Petrus membantah identitasnya sebagai murid Yesus."

Karena yang terjadi sampai 3 kali adalah penyangkalan yang dilakukan Petrus, bukan kokok yang dilakukan ayam.

December 25, 2007 at 6:06 PM  
Anonymous Anonymous said...

Betul, itu salah kaprah umum. Menurut catatan Markus (14:30,68,72) ayam jantannya hanya berkokok _dua_ kali. Kokoknya yang kedua terjadi setelah Petrus menyangkal tiga kali. (Kokok yang pertama terjadi setelah Petrus menyangkal untuk pertama kalinya)

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mrk&chapter=14&verse=72

Sedangkan menurut catatan Matius (26:34,74--75), Lukas (22:34,60), dan Yohanes (13:38,18:27), hanya dikatakan bahwa ayam berkokok setelah Petrus menyangkal tiga kali.

December 7, 2010 at 11:35 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hai,

Ada salah satu jemaat anda bernama "HOTRIA PANJAITAN" yg mengaku suaminya baru saja meninggal 13 Feb 2011, bernama MARULAM SIMANGUNSONG. Hotria itu berzinah, karena dia kawin dengan suami kakak kandung nya sendiri, MARIALAM PANJAITAN. Saya berbicara kebenaran, anda bisa klarifikasi dengan saudara2 ato kenalan hotria. Apakah anda tidak mengetahui hal ini? semestinya sebelum anda datang ke acara penghiburan feb 2011, anda sudah mengetahui latarbelakang dari ibu ini. Ibu ini bukan hanya berzinah, dia juga suka berdukun, dukun nya kuat sekali,mulut nya suka bersilat lidah.

Ibu ini gila harta, dia nekat melawan agama, moral, peradaban, semua dilakukan nya gara2 UANG. di otak nya cuma UANG yg dipikirin. mo cara apa kek yg penting UANG, UANG SEGALA GALANYA - itu yg selalu diucap kan sama dia ke semua org. MORAL itu tidak penting, AGAMA tidak penting. Dia sekarang berantem dengan keluarga kakak kandung nya, karena dia mau menguasai harta keluarga, itu lah misi nya dia dari awal,, UANGGGGG Tuhan itu ga penting. CINTA AKAN UANG itu lah motto hidup nya. sekarang dia lg diseret ke pengadilan karena secara diam2 telah menjual aset yg semestinya tidak dijual. Kelakuan nya bener2 bikin orang geleng kepala. Anda harus mengecam jemaat anda ini, karena org ini SETAN bukan manusia lagi. Coba anda cari tahu latar belakang nya. Anda akan liat sendiri. Dia itu orang batak, tidak diterima di HKBP makanya dia tidak ada pilihan ke gereja yg tidak ada orang yg kenal dia, karena di keluarga dia dikecam, di HKBP dia di black list.

October 29, 2011 at 1:39 PM  
Anonymous Anonymous said...

semua sudah kehendak sang kuasa, jalan hidup seseorang sudah diaturNYA dan tidak seorangpun yg bisa menghalanginya

March 4, 2014 at 6:18 PM  
Blogger Syafitri said...

Salam kenal Syafitri Saya TKI DI MALAYSIA
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
ATAU >>KLIK DISINI<<
BANTUAN DARI KI BARONG
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

September 19, 2016 at 10:28 PM  
Anonymous Anonymous said...

komentar ttg Hotria, yg komentar blg semua kehendak sang kuasa, mudah2an hal yg sama terjadi sama lu supaya lu tau rasa. Bentar lg lu bakal dapat hal yg sama. Liat entar lu masi bisa komentar yg sama ato kaga. apa gunanya lu ke greja kelakuan kaya setan, bertopeng2 terus, padahal seluruh dunia uda tau kedok lu. namanya setan pasti jago bersandiwara lah. Tunjukin dong dukun nya, sapa sich dukunnya, masa yesus aza bisa kalah. Jadi apa gunanya ke greja, kelakuan masi kaya setan. super munafik!!!!!!

March 24, 2017 at 9:31 PM  
Anonymous Anonymous said...

bagi jemaat gereja ayam, yang mau berdukun, silahkan berguru sama HOTRIA PANJAITAN (salah satu jemaat gereja ayam yg tinggal di serdang, sok2 kebaktian di rumahnya di serdang, dibelakang maen dukun, pelihara setan di rumahnya), dia uda berdukun puluhan tahun lamanya, tau bangat dukun seantero indonesia, mau yg di banten, serang, tasikmalaya, mau dukun yg bisa bikin org bisa jadi bego, org bisa didukunin jadi lemes (ga sadar), bikin org lumpuh, kirim santet, kirim jampi2, bikin org nurut.

July 17, 2017 at 12:41 AM  
Anonymous Anonymous said...


HOTRIA PANJAITAN
Article ttg HOTRIA PANJAITAN (salah satu jemaat gereja ayam pasarbaru, yg tinggal di Jl. Serdang Baru 4 RT 014/05 Kel Serdang, Kec Kemayoran JAK PUS). bisa di google nich ttg si HOTRIA (check article di bawah)
Hotria buka2 an dong ttg dukun di rumah serdangnya, ngapain juga ditutup2 in, semua orang uda tau gitu lho (lagian bau bangke di tutup2 in lama kelamaan kecium juga kok). Ajak lah semua orang gereja ayam, bikin jumpa temu dengan setan2/tuyul2 di rumah serdangnya, dikenalkan sama setan2/tuyul2 nya. Masa di umpetin melulu setan2/tuyul2 nya. Ada yg pernah ke rumah hotria di serdang, pas lg naik tangga di ruang TV nya serasa ada yg narik2 ke bawah (padahal dgn kasat mata ga ada orang di bawahnya), ada yg lagi jalan di ruang tamunya, serasa kejedok (padahal dengan kasat mata ga ada orang didepannya). Di rumah serdangnya, ada yg liat Hotria cekikan/ngobrol padahal dengan kasat mata ga ada org/hp di dekatnya. HOtria itu serigala berbulu domba banget sich. Munafik tingkat dewa.
Coba google namanya

""Mahkamah Agu Mahkamah Agung Republik Indo ... - Direktori Putusan
putusan.mahkamahagung.go.id/putusan/downloadpdf/.../pdf
Translate this page
1 Menyatakan terdakwa HOTRIA PANJAITAN telah bersalah melakukan .... 3 Sdri. HOTRIA PANJAITAN sebesar 7.500 lembar saham dengan nilai.""

July 26, 2017 at 10:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

HOtria Panjaitan (jemaat gereja ayam pasar baru). di kantor & rumahnya itu banyak dukun/setan2 di pelihara. hotria pake jasa org, beli barang dari orang tapi giliran tuh orang2 datang mo nagih utang2 nya, dengan dukunnya tu org2 yg mo nagih bs tiba2 lemes, lupa ingatan, dengan cara liciknya hotria, mereka yg datang mo nagih malah jd batal. di mana hotria kerja & tinggal dukun & setan2nya selalu menyertainya, liciknya nich orang. orang awam tidak bisa lihat jampi2/setan2 yg ada di kantor & rumahnya, karena dengan kasat mata ga keliatan.
berbisnis sama org kaya gini sangat merugikan orang lain, sangat licik & egois. ada yg pernah liat dukun yg dia temuin, tuh dukun punya jenggot sampe ke lantai (ngebanyaginnya aza uda serem). hotria itu sangat berjiwa setan, kirim sante/jampi sana sini.

October 29, 2017 at 1:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

pesan untuk HOtria Panjaitan (jemaat gereja ayam pasar baru), hukum karma sudah ada jutaan tahun lamanya. tidak ada satu org pun yg lepas dari hukum karma, hukum tabur tuai, apa yang anda tabur itu jg yg akan anda tuai. lu berbuat banyak kejahatan, lu pasti akan menuai semua kejahatan2 yg lu buat sebelumnya. lu bisa banyak bacot/bully/gombal/bersilat lidah, ngomong tinggi setinggi langit, org jaman sekarang ga goblok lagi, mereka ga mo denger bacotan/bully an lu, mereka bisa menilai dari kelakuan/fakta yang sebenarnya (ga usah ditutup2in kelakuan/fakta yg sebenarnya, maen drama terus kerja lu). secara lu langganan tetap para dukun2, dicariin ama mbah bejo / ki gedeng, dukun lu di banten/tasikmalaya sana, uda ga usah ke gereja, ngotorin nama gereja aza kerja lu.

March 31, 2018 at 4:22 PM  

Post a Comment

<< Home